Home » » SEJARAH : Mohenjo Daro & Harappa

SEJARAH : Mohenjo Daro & Harappa

Assalamualaikum wr. wb.

kali ini ane akan memposting salah satu peradaban yang pernah ada di bumi.. yaitu Mohenjo Daro & Harappa.... ini dia..




MOHENJO DARO DAN HARAPPA
MOHENJO DARO
Mohenjo Daro  merupakan sebuah situs dari sisa-sisa pemukiman terbesar dari kebudayaan Lembah Sungai Indus, yang terletak di Sind, Pakistan. Dibangun dari sekitar tahun 2600 SM. Kota ini adalah suatu pemukiman kota pertama di dunia, bersama peradaban Mesir Kuno, Mesopotamia dan Yunani Kuno. Reruntuhan bersejarah ini dimasukkan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Arti dari Mohenjo-Daro adalah “Bukti Orang Mati”. Seringkali kota tua ini disebut dengan “Metropolis Kuno di Lembah Indus”. Mohenjo-Daro di bangun sekitar tahung 2600 SM, tetapi dikosongkan sekitar tahun 1500 SM. Pada tahun 1922, kota ini ditemukan kembali oleh Rakhaldas Bamdyopadhyay dari  Archaeological Survey of india. Ia dibawa ke sebuah gundukan oleh seorang biksu Budha yang mempercayai bahwa gundukan tersebut adalah sebuah stupa. Pada 1930-an, pengalian besar-besaran dilakuakan di bawah pimpinan John Marshall, K. N. Dikshit, Ernest Mackay, dan lain-lain. Mobil John Marshall yang digunakan oleh para direktur situs masih berada di museum Mohenjo-Daro sebagai tanda untuk memperingati perjuangan dan dedikasi mereka terhadap Mohenjo-Daro. Penggalian selanjutnya dilakukan oleh Ahmad Hasan Dani dan Mortimer Wheeler pada tahun 1945. Penggalian besar  terakhir Mohenjo-Daro didpimpin oleh Dr. g. f. Dales pada tahun 1964-1965. Setelah itu, kerja penggalian di situ dialarang karena kerusakan dialami oleh struktur-struktur yang rentan akibat kondisi cuaca. Sejak tahun 1965, hanya proyek penyelamatan, pengawasan permukaan dan konsrvasi yang diperbolehkan di situ. Meskipun proyek arkeologi besar dilarang, namun pada 1980-an, tim-tim peninjau dari Jerman dan Italia yang di pimpin oleh Dr.Micheale Jansen dan Dr. Maurizio Tosi, menggabungkan tekjik-teknik seperti dokumentasi arsitektur, tinjauan permukaan, dan penyelidikan permukaan, untuk menentukan bayangan selanjutnya mengenai peradaban kuno tersebut. Mohenjo-daro terletak di Sindh, Pakistan di sebuah bubungan zaman Pleistosen di tengah-tengah daratan banjir sungai Sindhu. Bubungan tersebut  kini terkubur oleh pembanjiran daratan tesebut, tetapi sangat penting pada zaman Peradaban Lembah Indus. Bubungan tersebut memungkinkan kota Mohenjo-daro berdiri di atas daratan sekelilingnya. Situs tersebut terletak di tengah-tengah jurang dia antara lembah sungai Sindhu di Barat dan Gangga-Hakra di Timur. Sungai Sindhu masih mengalir ke situs itu, taetapi dasar sungai Gabgga-Hakra kini sudah kering.
Pada zaman dahulu, Mohenjo-daro merupakan salah satu pusat administrative Peradaban Lemnbah Indus kuno. Pada puncak kejayaanya, Mohenjo-daro adalah kota paling terbangun dan maju di Asia Selatan, dan mungkin juga di dunia. Perencanaan dan tekniknya menunjukkan kepenyingan kota ini tehadap masyarakat lembah Indus. Peradaban Lembah Indus (c. 3300-1700 SM, F. 2600-1900 SM) adalah sebuah peradaban sungai kuno yang berkembah di Lembah Sungai Indus di India Kuno (kini di Pakistan dan India Barat Laut). Peradaban ini juga dikenal sebagai “Peradaban Harrapa.” Kebudayaan Indus berkembang berabad-abad lamanya, lalu mengalami kebangkitan sekitar tahun 3000 SM. Peradaban tersebut menjangkau wilayang yang kini diduduki Pakistan dan India Utara, tetapi tiba-tiba mengalaimi kemerosotan sekitar tajun 1900 SM. Pemukiman Peradaban Indus tersebar sejauh pantai Laut Arab di Gujarat si selatan, perbatasan Iran di Barat. Dengan kota Harapa dan Mohenjo-daro, dan juga Lothal. Puing-puing Mohenjo-daro adalah salah satu pusat utama dalam masyarakat kuno ini. Beberapa arkeolog berpendapat bahwa perdaban indus mencapai jumlah penduduk lima juta penduduk pada puncaknya. Saat ini, lebih dari seribu kota dan pemukiman telah ditemukan, terutama di lembah Sungai Sindhu di Pakistan dan India Barat Laut.
Penghuni Mohenjo-daro adalah orang-orang Dravida yang diperkirakan merupakan pendiri kota kuno ini menjadi tanda Tanya bagi para arkeolog. Priwayat mereka tak dapat ditelusuri hingga sekarang. Bahasa dan aksara yang mereka gunakan dalam artefak-artefak yang ditemukan di sana masih belum dapat dipecahkan hingga sekarang. Uniknya di kota tersebut tidak ditemukan bangunan untuk kegiatan relligius dan tanda-tanda sistem kasta. Hal ini mengakibatkan para peneliti berspekulasi kalau masyarakat Mohenjo Daro han Harrapa merupakan peradaban yang hidup bergantung sepenuhnya pada ilmu pengetahuan (sudah meninggalkan praktek keagamaan) dan memiliki filosofi hidup yang tinggi (terlihat dari ketiadaan system kasta dalam hierarki social)

·     Harappa
Hampir seperti Mohenjo Daro, Harappa merupakan sebuah kota yang ada di Punjabi, Pakistan, tepatnya berada di timur laut Pakistan sekitar 35 km dari Sahiwal. Kota ini terletak di bantaran sungai Ravi, atau timur laut dari Mohenjo Daro. Kota ini dibangun pada tahun 3000 SM. Pada masa itu , Harappa berpendududk sekitar 40.000 jiwa, yang dianggap besar pada zamannya. Hubungan peradaban indus kuno pada saat itu dikenal sebagai mitra dagang dengan peradaban Mesir dan Mesopotamia. Situs kota kuno Harappa berisi reruntuhan kota dari zaman perunggu yang merupakan bagian dari budaya Cemetery H dan perdaban lenbah indus, berpusat di Sindh dan Punjabi. Kota ini diperkirakan memiliki penduduk sekitar 23.500 jiwadan terbesar selama fase Mature Harappa pada tahun 2600 SM hingga 1900 SM. Dua kota besar saat itu, Mohenjo Daro dan Harappa muncul sekitar tahun 2600 SM di sepanjang lembah sungai indus. Artefak batu di lokasi Harappa terbuata darai pasir merah, tanah liat yang dipanggang pada suhu tinggi. Di kota ini juga banyak ditemukan relik dari masa budaya Indus, yang juga terkenal sebagai budaya Harappa.
Penghuni kota Harappa orang-orang Dravida yang diperkirakan merupakan pendiri kota kuno ini sendiri menjadi tanda Tanya bagi para arkeolog. Riwayat mereka tidak dapat ditelusuri hingga sekarang. Bahasa dan aksara yang mereka gunakan dalam artefak-artefak yang ditemukan di sana mesih belum dapat dipecahkan hingga sekarang. Uniknya di kota tersebut tidak ditemukan bangunan untuk kegiatan religious dan tanda-tanda sistem kasta. Hal ini mengekibatkan para peneliti berspekulasi kalau mesyarakat Mohenji Daro dan Harappa merupakan peradaban yang hidup sepenuhnya bergantung pada ilmu pengetahuan (sudah meninggalkan prektek keagamaa ) dan memiliki filosofi hidup yang tinggi (terlihat dari  ketiadaan system kasta dan hierarki sosial).
Adanya trauma dan penyakit menular yang terlihat jelas pada kerangka manusia yang diambil dari tiga pemakaman kota Harappa, salah satu kota terbesar di peradaban Indus. Mereka menemukan adanya pertumbuhan karakter masyarakat indus dan sifat kehancurannya. Hasil yang ditemukan dari orang-orang yang diambil sempel (sempel analisis) dari kuburan ternyata memiliki tingkat tertinggi kekerasan dan penyakit. Tingkat kekerasan berkisar 50% pada 10 sempel tengkorak, lebih dari 20% membuktikan bahya orang-orang ini terbukti menderita penyakit kusta.
Hasil analisis sangat bertentangan dengan dugaan lama yang menyatakan bahwa peradaban indus berkembang sebagai masyarakat damai, koperasi, dan egaliter, tanpa perbedaan social, hirarki, atau perbedaan akses sumber dasar. Penduduk kota Harappa diduga menderita kusta selama fase perkembangan perkotaan indus dan meningkat secara siknifikan seiring waktu. Penyakit baru kemudian muncul seperti Tuberkulosis ditemukan pasca urbanisasi, cidera kekerasan (luka tengkorak) juga meningkat seiring waktu. Lingkungan perlahan mulai berubah, jaringan perdagangan semakin tidak terkendali, ketika digabungkan dengan perubahan sosial dan konteks budaya tertentu, maka semua kerjasama yang bertujuan untuk menciptakan situasi aman  semakin tidak bisa dipertahankan. Karena kekarasan dan penyakit meningkat pada level tertinggi, akhirnya manusia meninggalkan peradaban Indus di kota Harappa. 
Sumber : hafidzalafaf.blogspot.com

                                   Semoga Bermanfaat   TERIMA KASIH
                                             Wasalamualaikum wr. wb....

1 komentar:


  1. Bergabung Bersama kita di zeusbola, anda akan mendapatkan jackpot yang bisa membuat anda ketagihan!
    tidak tipu tipu
    dengan minimal deposit cuman 50k lohh
    tersedian promo promo dan bonus menarik lainnya
    dan juga kami melayani deposit pulsa!
    apalagi tanpa potongan rate!!!!!!

    silahkan lansung daftar, temukan keberuntungan anda disini!

    ♠♠goodluck♠♠
    ♠♠thankyou bos!♠♠


    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official

    BalasHapus