Home » » KERAJAAN KUTAI

KERAJAAN KUTAI

Asalamualikum wr.wb.

 Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang sejarah, yaitu sejarah kerajaan pertam yang ada di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai… langsung aja ini sob….

KERAJAAN KUTAI

1.     Letak


Kerajaan Kutai terletak di Sungai Mahakam, tepatnya di Muarakarman, Kutai, Kalimantan Timur. Kerajaan kutai berdiri sekitar abad ke-4 M. Wilayah kekuasaannya cukup luas yaitu hamper seluruh wilayah Kalimantan Timur. Bahkan pada masa kejayaannya , Kerajaan Kuai menguasai hamper seluruh wilayah Kalimantan.
2.     Sumber Sejarah

Sumber sejarah Kerajaan Kutai adalah beberapa peninggalan berupa tulisan (prasasti). Tulisan tersebut terdapat pada tujuh batu serupa menhir peninggalan zaman megalitikum. Tujuh bati tersebut disebut yupa. Yupa dikeluarkan oleh Mulawarman dengan meggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta. Yupa digunakan untuk mengikat hewan dalam persembahan yang dilakukan rakyat Kutai kepada para dewa.
                                                                

3.     Raja Yang Memerintah

o   Raja Kudungga
Raja Kudungga adalah raja pertama Kerajaan Kutai. Menurut Prof. Dr. Purbacaraka, Kudungga adalah nama asli Indonesia. Kedudukan Raja Kudungga pada awalnya adalah kepala suku, tetapi karena menjadi kerajaan maka ia menjadi raja.
o   Raja Aswawarman
Dalam salah satu yupa mengatakan bahwa Raja Kudungga memiliki seorang putra bernama Aswawarman yang disamakan dengan Asuman (dewa matahari). Aswawarman mempunyai tiga orang putra , tetapi yang terkenal adalah Mulawarman.
Dalam yupa telah dijelaskan bahwa Raja Aswawarman adalah raja yang cakap dan kuat. Ia melakukan upacara asmawedha, yaitu upacara yang bertujuan untuk mengetahui luas kekuasaan dengan cara melepas kuda, semakin jauh telapak kuda yang ditemukan maka semakin luas wilayah kekuasaannya.
o   Raja Mulawarman
Raja Mulawarman adalah raja terbesar Kerajaan Kutai. Hal ini dibuktikan dengan upacara-upacara persembahan yang di tijikan untuk pada dewa yang pernah dilakukannya. Kebaikan raja dibuktikan dengan pemberian hadiah atau sedekah yang berupa sapi dalam jumlah yang banyak pada para brahmana.
4.     Keadaan Masyarakat

Dalam prasasti yupa disebutkan bahwa ada sebagian penduduk yang hidup dalam suasana peradaban India. Bahasa Sansekerta bukan bahasa rekyat biasa, melainkan bahasa para Brahmana.

1 komentar:


  1. Bergabung Bersama kita di zeusbola, anda akan mendapatkan jackpot yang bisa membuat anda ketagihan!
    tidak tipu tipu
    dengan minimal deposit cuman 50k lohh
    tersedian promo promo dan bonus menarik lainnya
    dan juga kami melayani deposit pulsa!
    apalagi tanpa potongan rate!!!!!!

    silahkan lansung daftar, temukan keberuntungan anda disini!

    ♠♠goodluck♠♠
    ♠♠thankyou bos!♠♠


    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official

    BalasHapus