Home » , » KERAJAAN DEMAK : Sejarah Kerajaan Demak

KERAJAAN DEMAK : Sejarah Kerajaan Demak

Assalamualikum wr. Wb.
Beberapa waktu yang lalu ane telah memposting sejarah kerajaan-kerajaan Hindu-Budha yang ada di Indonesia. Kali ini ane akan memposting sejarah kerajaan Islam di Indonesia yaitu kerajaan Demak… langsung aja ini sob,..

KERAJAAN DEMAK
  1. ·         Letak Geografis

Kerajaan Demak secara geografis terletak di Jawa Tengah. Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di pulau Jawa, yang pada awal munculnya Kerajaan Demak mendapatkan bantuan dari para bupati daerah pesisir Jawa Tengah dan Jawa Timur yang telah menganut agama Islam. Sebelumnya Demak bernama Bintoro yang merupakan daerah vassal atau bawahan Kerajaan Majapahit.
Faktor-faktor pendorong berdirinya Kerajaan Demak :
o   Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis yang menyebabkan para pedagang Islam mencari persinggahan dan perdagangan baru, misalnya di Demak.
o   Raden Patah, pendiri Demak masih keturunan Raja Bramwijaya V.
o   Raden Patah mendapat dukungan dari para Wwali yang sangat dihormati.
o   Mundur danruntuhnya Kerajaan Majapahit.
o   Pusaka Kerajaan Majapahitsebagai lambing pemegang kekuasaan di berikan kepada Raden Patah.
  1. ·         Kehidupan Politik

Raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Demak adalah sebagai berikut :

Ø  Raden Patah (1500-1518)
Raden Patah menurut kitab Babad Tanah Jawi adalah keturunan raja terakhir Kerajaan Majapahit (Raden Bramwijaya V dan seorang putri dari Cina).Setelah Raden Patah dewasa di angkat oleh Kerajaan Majapahit menjadi  raja bawahan di Bintoro (Demak) dengan gelar Sultan Alam Akbar al-Fatah. Setelah Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran, Demak melepaskan diri dari Majapahit kemudian Raden Patah mendirikan kerajaan Islam pertama di Jawa.

Ø  Adipati Unus (1518-1521)
Keberanian Adipati Unus menyerang kedudukan Portugis di Malaka membuat Adipati Unus dijuluki Pangeran Sabrang Lor (pangeran yang pernah menyerang ke utara).

Ø  Sultan Trenggono (1521-1546)
Sultan Trenggono dilantik menjadi Raja Demak oleh Sunan Gunung Jati dengan gelar Sultan Ahmad Abdul Arifin. Pada masa pemerintahan Sultan Trenggono, kerajaan Demak mencapai puncak kejayaaan dan agama Islam berkembang lebih luas.


  1. ·         Kehidupan Budaya


Salah Satu hasil peninggalan budaya Kerajaan Demak adalah Masjid Agung Demak yang terkenal dengan salah satu tiangnya yang terbuat dari pecahan kayu (tatal). Oleh karena terbuat dari pecahan kayu, maka tiang tersebut diberi nama saka tatal. Pembangunan masjid ini dipimpin oleh Sunan Kalijaga. Di pendopo masjid inilah Sunan Kalijaga meletakkan dasar-dasar perayaan sekaten yang tujuannya untuk menyebarkan tradisi Islam. Tradisi tersebut sampai sekarang masih berlangsung di Yogyakarta dan di Surakarta.

5 komentar:

  1. Nice inpo Gan jadi nambah wawasan

    BalasHapus
  2. wah mantap , lumayan nih ane nyari sejarahnya hihihi

    BalasHapus
  3. artikel bagus gan, saya suka sejarah

    BalasHapus
  4. singkat tapi jelas gan,,penjelasan tentang kerajaan demaknya...

    BalasHapus